Blog resmi dari warnet IDOS FAIQ_net . . . Share Ilmu Komputer, Game, Software dan Tips lainnya

Thursday 20 March 2014

Cara Merawat Laptop dengan Baik dan Benar agar Awet







Inilah yang akan sering terjadi pada beberapa kasus orang - orang yang tidak begitu mengerti laptop atau komputer. Kali ini IDOS FAIQ_net akan menjabarkan bagaimanasih caranya merawat komputer atau laptop dengan baik dan benar agar laptop tersebut awet. Nah, banyak orang beranggapan bahwa laptop ataupun komputer awet atau tidaknya tergantung pada usernya (pengguna) itu sendiri. Memang secara garis beras iya benar, tetapi bukan hanya pada usernya melainkan pada hardware asli dari merk laptop/komputer itu sendiri.

Bagi kalian yang ingin komputer atau laptop kalian awet begini cara merawatnya :)



Berikut ini Beberapa Cara Merawat Komputer atau Laptop dengan Baik dan Benar :


1. Uninstall beberapa software yang kiranya tidak dibutuhkan lagi

Sebaiknya agan jangan tergoda untuk menginstal begitu banyak program yang nantinya tidak agan butuhkan. Jadi, lebih baik agan buang saja dengan cara uninstall program / software yang tidak pernah digunakan atau sangat jarang anda gunakan.


2. Jaga Laptop agan dari air


Sebuah alat elektronik, apapun itu biasanya akan mengalami kerusakan ketika terkena benda cair seperti air. Misalnya saja laptop agan terkena tumpahan air. Jika hal ini sampai terjadi, maka laptop anda akan mengalami kerusakan pada bagian hardwarenya (jika air masuk kebagian dalam laptop). Jadi, hindari menaruh benda cair disekitar laptop agan untuk antisipasi.


3. Kipas pendingin tambahan atau cooling pad

Ada yang belum tahu cooling pad? bagi para pengguna laptop, mungkin sudah seharusnya agan harus tahu dan lebih baik agan harus punya cooling pad. Cooling pad adalah sebuah alat atau kipas pendingin yang digunakan untuk mendinginkan suhu laptop agan.  Tujuan dari memakai cooling pad ini adalah menjaga suhu laptop agan supaya tidak kepanasan dengan cara dikipasi dari bawah menuju ke arah bagian dalam hardware laptop agan.



4. Jangan Menaruh beban diatas laptop


Mungkin masih ada yang sering melakukan hal ini? Meletekkan sebuah/beberapa benda diatas laptop? Apalagi jika benda tersebut berat, hati-hatilah, karena jika sampai hal ini terjadi pada laptop agan, maka akan berpotensi merusak laptop agan. Jika dalam kondisi laptop sedang tidak dipakai dan dalam kondisi tertutup, agan secara tidak sengaja meletakkan benda diatas laptop agan. Meletakkan tumpukan buku misalnya. Padahal, hal ini akan dapat merusak LCD laptop agan. Bahaya loh jika kena LCD laptopnya, bisa - bisa nanti agan harus beli LCD yang baru supaya bisa nyala :v


5. Kasur


Gunakan logika saja, ketika laptop dalam keadaan menyala dan diletakkan diatas kasur yang empuk, maka hawa panas yang terus dikeluarkan dari laptop pada saat dipakai akan terserap oleh kasur yang ada dibawahnya. Karena apa? karena kasur memang bersifat menyerap bukan membuang hawa panas dari laptop anda. Padahal, laptop anda sangat membutuhkan sirkulasi udara yang bagus ketika sedang menyala untuk membuang hawa panas. Hal seperti ini akan membawa dampak kepada Harddisk agan, jadi jika keseringan bisa saja terjadi bunyi - bunyian yang bersumber dari Harddisk agan.


6. Menaruh handphone didekat laptop


Idealnya, menaruh semua barang yang mengandung getaran elektromagnetik semacam handphone didekat laptop sangat tidak disarankan. Selain handphone ini diantaranya, mesin, pengeras suar, loudspeaker dan berbagai macam alat yang menimbulkan getaran yang lainnya. Jangan sampai ditaruh didekat laptop jika agan ingin laptop agan awet.


7. Anda meletakkan laptop di permukaan yang miring pada saat memakai laptop
Salah satu kemungkinan yang bisa saja terjadi pada laptop agan, yaitu menaruh laptop pada saat menyala diatas permukaan yang "tidak datar" alias miring. Jika sampai hal ini terjadi, maka laptop agan akan berpotensi mengalami kerusakan. Pada saat laptop agan menyala, maka piringan hardisk akan terus berputar. Jadi, pada saat agan membuka berbagai data atau aplikasi, piringan hardisk ini akan berputar. Nah, ketika agan  menaruh laptop agan pada permukaan yang tidak datar, maka akan terjadi kemungkinan head menggores piringan hardisk laptop agan. Apa akibatnya jika sampai hal ini terjadi? akibatnya adalah akan terjadi bad sector pada hardisk laptop agan.


8. Bersihkan debu pada Laptop


Salah satu penyebab kerusakan hardware dan keyboard adalah menyepelekan debu. Padahal debu bisa mengakibatkan hardware / keyboard jadi eror loh. Jadi, sering - seringlah agan membersihkan laptop agan hingga keyboard agan menggunakan kuas yang halus dan kering jangan basah. Gunanya supaya laptop agan tetap bersih dan awet karena debu menempel sudah dibersihkan. Kebersihan juga sebagian dari iman Hehe_


10. Jangan melepas baterai laptop agan


Banyak sekali yang beranggapan bahwa ketika laptop dicharge sambil dipakai, maka bisa mengakibatkan baterai mengalami pengembungan / mengembung. Jika laptop agan adalah laptop yang diproduksi pada tahun 2005 kebawah, hal ini seperti batrai mengembung bisa saja terjadi. Tetapi laptop yang diproduksi diatas tahun 2005 sudah berbeda dan tidak masalah jika dicharge sambil dipakai. Namun, perlu diingat juga kalau sudah penuh lepaslah chargernya, kalau mau habis barulah tancapkan kembali.

Pasti agan pernah melepas baterai laptop ketika memakai listrik. Padahal hal ini justru sangat membahayakan laptop agan loh :-o. Gunakan logika lagi, ketika laptop agan dipakai dalam kondisi menyala tanpa batrai dan memakai daya listrik, dan tiba-tiba saja terjadi mati lampu, maka laptop aganpun akan mati secara tiba-tiba. Jika hal ini sampai terjadi, maka komponen-komponen dalam laptop agan akan terkena akibat buruk dari hal ini.


11. Install Antivirus


Salah satu penyebab yang paling umum dan paling sering terjadi adalah dengan kerusakan laptop dari datangnya sebuah virus. Walaupun agan sudah terinstall antivirus seperti SMADAV misalnya, dibaca lagi saat membuka SMADAV, bukankah SMADAV hanya antivirus pembantu saja yakni dengan kata lain Antivirus USB, gunakanlah 2 antivirus saja. Saya sarankan 1 antivirus Internasionalnya, ke 2 antivirus SMADAV juga bisa untuk proteksi USB.
Karena jika hanya antivirus SMADAV saja, masih banyak antivirus internasional yang bisa masuk tanpa ketahuan oleh si SMADAV itu.

Sekian dulu tips dari IDOS FAIQ_net untuk postingan Cara Merawat Laptop dengan Baik dan Benar agar Awet.
Semoga Bermanfaat bagi agan para pembaca semuanya :)


Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

Silahkan isi komentar kalian mengenai apa yang telah Agan baca pada artikel diatas :)
Kasih kritik dan saran yang membangun, juga disini diperbolehkan untuk request :)
Komen yang baik dan benar yah ;)

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2014 IDOS FAIQ_net ∙ Re-Designed by IDOS FAIQ_net
Released under SEDOT AJAH GAN