Blog resmi dari warnet IDOS FAIQ_net . . . Share Ilmu Komputer, Game, Software dan Tips lainnya

Friday 21 March 2014

Pengertian Jaringan EDGE, GPRS, 3G, HSDPA

Saya yakin kalian pasti banyak yang bingung dengan sinyal/jaringan pada handphone/modem agan itu ada EDGE (lelet), GPRS, 3G (Cukup), HSDPA (Cepat). Maka dari itu, kali ini IDOS FAIQ_net mau berbagi ilmu nih mengenai judul diatas :)



1. EDGE (Enhance Data rates for Global Evolution) 
Merupakan sebuah evolusi lanjutan dari GSM dan IS-136 dengan tujuan mengembangkan teknologi untuk meningkatkan kecepatan transmisi data, dan efisisensi spektrum. Jaringan EDGE memiliki kecepatan hingga mencapai 236 Kbps.


2. GPRS (Global Package Radio Service)
Merupakan suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data dalam bentuk paket data yang berkaitan dengan e-mail, data gambar, dan penelusuran internet. GPRS yang juga disebut teknologi 2.5G merupakan evolusi dari teknologi 1G dan 2G sebelumnya. Layanan GPRS tersebut dapat dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136. Di Indonesia, GPRS diperkenalkan pada tahun 2001 saat penyedia jaringan seperti IM3 mempromosikannya. Jaringan GPRSini  memiliki kecepatan mulai dari 56 Kbps hingga 115 Kbps.


3. Teknologi 3G (Third-Generation Technology)
Merupakan teknologi evolusi dari generasi sebelumnya yang memiliki kapasitas pengiriman dan penerimaan dari lebih besar dan lebih cepat. Oleh karena itulah, teknologi ini dapat digunakan untuk melakukan video call. Teknologi 3G sering juga disebut dengan mobile broadband karena keunggulannya sebagai modem untuk internet yang bersifat portable. Perkembangan 3G secara komersial dimulai pada tahun 2001 di Jepang oleh NTTDoCoMo yang kemudian disusul oleh Korea Selatan pada tahun 2002. Idealnya teknologi ini memiliki kecepatan transfer data pada level minimum 2Mbps pada pengguna yang berada pada posisi diam ataupun berjalan kaki, dan 384 kbps pada pengguna yang berada di dalam kendaraan yang sedang berjalan.


4. HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access)
Merupakan teknologi yang disempurnakan dari teknologi sebelumnya yang juga dapat disebut 3.5G, 3G+ atau Turbo 3G yang memungkinkan jaringan berbasis Universal Mobile Telecommunication System (UMTS) memiliki kecepatan dan kapasitas transfer data yang lebih tinggi. Penggunaan HSDPA saat ini menyokong kecepatan penelusuran dari 1.8, 3.6, 7.2 hingga 14 Mpbs. Pemasaran HSDPA dalam bentuk modem yang digunakan sebagai koneksi mobile broadband baru diperkenalkan pada tahun 2007. Pada Agustus tahun 2009, 250 jaringan HSDPA secara komersial telah meluncurkan layanan mobile broadband di 109 negara.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

7 comments

  1. mantap sekali gan artikelnya,di tunggu kunbal nya di kurnia7.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe_
      Ok gan makasih sudah membaca postingan saya dan komen :)

      Ditunggu aja gan, nanti saya mampir ke website agan (o)

      Delete
  2. Replies
    1. Makasih gan :-)

      Ok ditunggu aja gan,. otw ke situ 8-)

      Delete

Silahkan isi komentar kalian mengenai apa yang telah Agan baca pada artikel diatas :)
Kasih kritik dan saran yang membangun, juga disini diperbolehkan untuk request :)
Komen yang baik dan benar yah ;)

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2014 IDOS FAIQ_net ∙ Re-Designed by IDOS FAIQ_net
Released under SEDOT AJAH GAN